Review Film The Prestige “Obsesi Membawa Kehancuran”

prestigeThe Prestige adalah sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel yang terbit pada tahun 1995 dengan judul yang sama karangan Christopher Priest . The Prestige disutradarai oleh Christopher Nolan yang dirilis pada tanggal 20 Oktober 2006. The Prestige bercerita tentang kehidupan yang dijalani oleh dua orang pesulap yang awal mulanya bersahabat kemudian karena suatu kejadian membuat mereka saling bersaing untuk membuktikan siapa yang lebih baik.

Film ini diawali dengan scene dimana ada banyak topi pesulap di sebuah hutan dengan dialog “Are you watching closely?”. Kemudian dilanjutkan dengan scene dimana Cutter sedang menjelaskan  3 bagian atau babak dalam dalam setiap trik sulap kepada seorang gadis kecil. Babak pertama disebut “ The Pledge” dimana si pesulap menujukkan sebuah benda dan meminta penonton memeriksanya untuk membuktikan bahwa benda tersebut nyata dan tidak diganti. Babak kedua disebut “The Turn”, dimana si pesulap mengambil benda tersebut dan menghilangkannya atau melakukan hal istimewa lainnya. Babak ketiga disebut “The Prestige”, dimana pesulap mengembailkan benda yang hilang. Babak ini merupakan bagian tesulit bagi pesulap.

Pertengkaran antara Angier dan Borden dimulai karena Borden melakukan kesalahan saat mengikat sebuah simpul yang digunakan oleh istri Angier dalam pertunjukan sulapnya meloloskan diri dari tangki air dalam waktu 1 menit. Hal ini membuat Angier sangat dendam kepada Borden dan selalu bertanya dengan nada menuduh kepada Borden simpul apa yang ia ikat pada istrinya sehingga istrinya tidak bisa meloloskan diri dari tangki air tersebut dan akhirnya meninggal. Karena dendam tersebut, Angier dengan menyamar datang ke pertunjukan sulap menangkap peluru milik Borden dengan maksud mencelakainya. Karena perbuatan Angier, Borden harus mengamputasi dua jari tangannya. Dan dari kejadian tersebut mereka berdua terus bersaing secara tidak sehat dengan menghancurkan pertunjukan masing-masing.

Disela-sela persaingan tersebut, Borden muncul dengan trik sulap terbarunya yaitu “The Transporter”. “The Transporter” merupakan trik sulap berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dalam hitungan detik. Angier yang merasa tidak ingin kalah dari Borden berusaha menandinginya dengan menunjukkan trik sulap yang sama dengan cara yang lebih menarik. Setelah Angier berhasil melakukan trik sulap tersebut, Borden mengetahui rahasia trik sulap milik Angier. Borden pun menghancurkan pertunjukan Angier dan membuatnya malu didepan umum. Hal ini membuat Angier semakin menginginkan trik sulap The Transporter milik Borden. Sehingga ia menculik insiyur yang membantu merancang trik trik sulap Borden, yaitu Fallon. Dengan menculik Fallon, Angier mendapatkan kata kunci untuk trik sulap milik Borden. Eitsss… Saya rasa cukup sampai di sini saya membahas isi film ini karena saya tidak mau mengurangi kesan yang didapat dari film ini dan nanti jadi spoiler. Hehehe 😀

Ini Trailernya

Dan kalian bisa menonton filmnya dengan klik disini

Film The Prestige menjadi salah satu film terbaik bagi saya. Film ini bergenre fiksi ilmiah, drama dan fantasi yang sebenarnya bukan genre favorit saya. Film ini menggunakan alur maju mundur yang akan membuat penonton pada awalnya berfikir apa yang sedang terjadi dan mencoba menyatukan adegan demi adegan yang telah dilihat sebelumnya. Penyusunan alur cerita yang dapat membuatnya menjadi sebuah misteri yang terpecahkan pada saat film selesai adalah bagian tebaik dari film ini. Menonton film ini membuat saya merasakan bahwa saya sedang menyusun puzzle. Setiap scene memiliki maknanya tersendiri yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya miliki terkait film ini. Selain alur dan ending yang begitu baik, tedapat juga pesan moral yang dapat diambil dari film ini, yaitu kendalikan obsesi yang kau miliki karena akan merugikan dirimu sendiri. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Miscomunication juga dapat terjadi pada film ini jika penonton yang menonton film ini tidak suka berfikir dan tidak suka film genre seperti ini mungkin akan merasa film ini tidak jelas. Dan apabila penonton menonton film ini setengah-setengah mungkin akan bingung dengan jalan ceritanya.

Saya sangat merekomendasikan film ini dan saya ingin menonton karya Christopher Nolan yang lainnya karena setelah searching di google masih banyak film Christopher Nolan yang menarik selain The Prestige ini.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/The_Prestige

Tinggalkan komentar