Dampak dari Kondisi Ekonomi

Gold Autoparts, Inc., memproduksi suku cadang mobil yang dibeli oleh berbagai produsen mobil yang memproduksi mobil-mobil baru. Gold telah berhasil dalam menjual suku cadangnya kepada produsen mobil karena produsen- produsen itu tidak perlu memproduksi suku cadang tersebut kalau dapat mengandalkan Gold untuk melakukannya.

Gold baru-baru ini membuat situs Web yang memuat daftar dari semua suku cadang yang dijualnya dan harga yang dikenakannya. Produsen mobil dapat memesan suku cadang tersebut secara online, dan Gold mencoba untuk memenuhi pesanan tersebut secepatnya.

Gold berusaha untuk mengantisipasi kapan pesanan akan naik sehingga perusahaan dapat memproduksi suku cadang dalam jumlah yang mencukupi untuk memenuhi pesanan tersebut. Gold menyadari bahwa permintaan akan suku cadang mobilnya bergantung pada kondisi ekonomi yang memengaruhi permintaan akan mobil baru. Ketika permintaan akan mobil baru meningkat, berarti lebih banyak mobil baru yang diproduksi, dan terdapat permintaan yang lebih besar akan suku cadang yang dihasilkan Gold.

Tom Gold, presiden dari Gold Autoparts, memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan naik tahun ini. Ia memperkirakan bahwa tingkat bunga akan relatif rendah selama tahun depan. Ia juga memperkirakan bahwa produsen mobil asing akan memperkenalkan banyak jenis mobil baru ke pasar AS. Pada saat ini, Gold Autoparts memfokuskan bisnisnya pada produsen mobil AS.

Kasus :

  1. Bagaimana Gold Autoparts, Inc., akan terpengaruh jika pertumbuhan ekonomi naik sebagaimana diperkirakan?
    Jika pertumbuhan ekonomi naik sebagaimana diperkirakan saya rasa Gold Autoparts akan terpengaruh. Dengan naiknya pertumbuhan ekonomi maka daya beli masyarakat pun akan meningkat.  Meningkatnya daya beli masyarakat akan mengakibatkan meningkatnya permintaan mobil baru yang menyebabkan meningkatnya permintaan suku cadang mobil baru pula. Dengan meningkatnya permintaan suku cadang mobil baru, Gold Autoparts harus menambah jumlah tenaga kerja/karyawan dan bahan baku agar dapat memenuhi permintaan suku cadang.
  1. Bagaimana Gold Autoparts akan terpengaruh jika tingkat bunga turun sebagaimana diperkirakan?
    Jika tingkat bunga turun akan bepengaruh pada Gold Autoparts karena permintaan akan mobil baru meningkat sehingga permintaan akan suku cadang mobil baru juga akan meningkat. Hal itu disebabkan karena pada saat tingkat bunga turun masyarakat cenderung akan mengambil uang mereka dari bank sehingga banyak uang yang beredar. Hal ini akan menguntungkan bagi produsen karena dengan banyaknya uang beredar keinginan masyarakat untuk berbelanja pun meningkat. Pada saat seperti inilah Gold Autoparts dapat menaikkan harga produk mereka sehingga mereka dapat keuntungan yang besar. Tetapi jika tingkat suku bunga turun maka akan terjadi kenaikkan terhadap bahan baku pula. Sebelum terjadinya kenaikan harga bahan baku akan lebih baik jika Gold Autoparts mengantisipasinya dengan membeli lebih banyak bahan baku jika terjadi tanda-tanda tingkat bunga akan turun sehingga mereka dapat menghemat biaya produksi dan memperbesar laba.
  1. Bagaimana pengenalan mobil-mobil baru oleh produsen mobil asing akan memengaruhi bisnis Gold?
    Pengenalan mobil-mobil baru oleh produsen mobil asing tentu akan memengaruhi bisnis Gold Autoparts karena dengan adanya pengenalan mobil baru akan menarik minat konsumen untuk membeli mobil. Dengan adanya ketertarikan dari konsumen akan mobil baru maka para produsen mobil berusaha memenuhi permintaan konsemen maka mereka akan memesan suku cadang mobil baru. Jadi semakin banyak pengenalan mobil-mobil baru akan menaikkan permintaan akan suku cadang mobil baru.
  1. Secara keseluruhan, menurut Anda apakah kondisi tersebut akan menaikkan atau menurunkan suku cadang mobil Gold?
    Menurut saya, kondisi diatas seperti pertumbuhan ekonomi naik, tingkat bunga turun, dan pengenalan mobil-mobil baru akan berdampak menaikkan permintaan terhadap suku cadang mobil Gold.

Demikianlah pendapat yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Sumber : https://cliff29.wordpress.com/2010/11/22/pengaruh-tingkat-suku-bunga/

Satu komentar di “Dampak dari Kondisi Ekonomi

Tinggalkan komentar